Minggu, 24 November 2013

ARTIKEL TENTANG PELAPISAN SOSIAL

CONTOH VIDEO ARTIKEL PELAPISAN SOSIAL ATAU STRATIFIKASI SOSIAL

                                                               

Di sini saya akan mengkaitkan artikel ini dengan analisa pelapisan sosial, dimana saya mengambil contoh stratifikasi berdasarkan kedudukan, berdasarkan pendidikan, dan berdasarkan permainan, penjelasannya sebagai berikut :

pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau hierarkis. Hal tersebut dapat kita ketahui adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelasyang lebih rendah dalam masyarakat.

 

1. stratifikasi sosial berdasarkan kedudukan

setelah anda melihat rangkuman video diatas yang telah saya buat, anda pasti akan mengetahui stratifikasi sosial berdasarkan kedudukan, dimana perbedaan tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, bila dibandingkan dengan posisi seseorang maupun kelompok lainnya. Dasar tinggi dan rendahnya lapisan sosial seseorang itu disebabkan oleh bermacam-macam perbedaan, seperti kekayaan di bidang ekonomi, nilai-nilai sosial, serta kekuasaan dan wewenang.

Kekayaan: orang yang memiliki kekayaan paling banyak akan ditempat kan sebagai lapisan paling atas atau orang berpunya. Lapisan ini biasanya mendapatkan perlakuan yang lebih istimewa jika dibanding dengan orang-orang yang memiliki perekonomian yang rendah.

sama sperti lapisan orang nomor satu, seseorang yang memiliki kekuasaan yang teratas mempunyai wewenang yang sangat besar,sehingga lapisan ini memiliki kesempatan yang besar untuk menngatasi permasalahan sosial yang terjadi.Tetapi jika terjadi salah wewenang maka tindakan kriminal memperbudakkan orang lain mungkin saja terjadi.

pada posisi ini kedudukan seseorang tidak dipandang dari sisi kekayaan atau kekuasaan yang dimilikinya. Tapi posisi ini terbentuk karena adanya rasa hormat masyarakat kepada seseorang yang telah berjasa. Biasanya lapisan seperti ini masih banyak terjadi dimasyarakat pedesaan.

Masyarakat ekonomi atas, sering digambarkan dengan orang yang mempunyai kekayaan,mobil mewah, hidup mudah, dan profesi pekerjaan yang bagus. Golongan seperti ini biasanya adalah pengusaha, pemilik kebun, dan bussinessman. Sementara itu masyarakt ekonomi menengah terbagi lagi menjadi dua yaitu ekonomi menengah-atas dan ekonomi menengah kebawah.

dari contoh video di atas bahwa ada seputar kutipan bahwa orang yang memiliki kedudukan tinggi akan memiliki kekuasaan dalam masyarakat.

 jadi dengan demikian stratifikasi berdasarkan kedudukan itu di sebabkan oleh faktor kekayaan, kekuasaan, dan kehormatan, dimana orang yang memiliki kekuasaan dan kekayaan selalu di pandang terhormat dikalangan masyarakat.

 

2. stratifikasi berdasarkan pendidikan

Perbedaan kualitas fasilitas pendidikan juga tampak jelas antara yang terdapat dilingkungan perkotaan dan pedesaan. Berdasarkan kenyataan ini, dapat dipastikan bahwa kualitas persekolahan formal membantu menguatkan arus urbanisasi, karena orang tua yang mampu akan berusaha memperoleh fasilitas pendidikan yang baik dikota untuk anaknya, meskipun harus dibayar mahal dari segi ekonomi.  

 

KESIMPULAN

pendidikan dan stratifikasi sosial mempunyai hubungan dan keterkaitan yang sangat erat, di mana tujuan pendidikan adalah kekuatan spiritual agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan dimana semaunya merupakan bagian dari stratifikasi sosial. Keluarga, masyarakat dan sekolah merupakan tempat terjadinya proses pendidikan, di mana stratifikasi sosial sudah mengakar dan tak terpisahakan tempat terjadinya proses pembelajaran tersebut, dan stratifikasi sosial juga sangat di pengaruhi pendidikan.

Pendidikan juga meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam, yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi, dimana kebudayaan lama dan pengaruh lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh.

 

 3. STRATIFIKASI BERDASARKAN PERMAINAN

contoh disamping permainan kalangan remaja saat ini.

disini saya mengambil contoh stratifikasi sosial di bidang permainan, dimana anak-anak yang tinggal di perkotaan sudah lebih maju soal teknologi permainan di jaman modern dibandingkan dengan maysyarakat pedesaan.

dimana masyrakat perkotaan sudah atau hampir tidak menggunakan permainan tradisional seperti bermain kelereng, dan masyarakat perkotaan lebih dominan ke permainan seperti game online yang ada di warnet, dan permainan-permainan modern lainnya.

contoh permainan tradisional congkak.

sedangkan kasus seperti ini sangat berbeda dengan masyarakat pedesaan, dimana masyarakat pedesaan masih melestarikan budaya permainan tradisional yang ada di setiap pelosok negeri, seperti permainan kelereng, congkak, oray-orayan.

cara mengatasi agar permainan tradisional tidak punah, masyarakat remaja terutama anak-anak harus melestarikan budaya leluhur tentang permainan tersebut, dan harus mencintai budaya negeri sendiri.

demikianlah analisa yang saya dapat jelasnkan contoh stratifikasi sosial, dimana saya mengambil contoh berdasarkan pendidikan, kedudukan, dan permainan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar